vendor kaos jogja murah

Mengenal Bahan untuk membuat Kaos

Tahukah Anda bahwa jenis bahan kaos yang ada di pasaran dan digunakan untuk membuat kaos berbeda-beda.

Masing-masing jenis bahan mempunyai kelebihan yang berbeda-beda, yang pastinya disesuaikan dengan kebutuhan dan kegunaan dari kaos tersebut.

Untuk anda yang ingin jualan kaos, mungkin mengenal bahan-bahan kaos berkualitas penting dilakukan. Berikut ini adalah beberapa jenis bahan yang sering dignakan.

Bahan Cotton / Katun Combed

Ini adalah salah satu jenis bahan yang paling banyak digunakan untuk membuat kaos.

Bahan yang satu ini terbuat dari serat kapas murni 100%.

Karakteristik dari bahan ini halus, nyaman, dingin, dan mampu menyerap keringat dengan baik. Ini yang jadi alasan, kenapa bahan tersebut banyak digunakan untuk membuat kaos.

Selain itu bahan yang dimaksud mempunyai serat benang yang halus, dan rata sehingga penampilannya jadi terlihat lebih halus, rata dan juga rapi. Di pasaran sendiri, kain cotton Combed mempunyai beberapa jenis ketebalan, mulai dari yang paling tebal, 20s, hingga yang paling tipis yaitu 30s. Dari segi harga, bahan yang satu ini terbilang sedikit lebih mahal, dibandingkan dengan bahan lainnya.

Cotton / katun carded

Selain katun combed, ada juga yang namanya katun carded. Dibandingkan dengan katun combed, kain katun cardet ini seratnya kurang halus. Atau dengan kata lain, hasil rajutan dari bahan ini kurang halus dan juga rata. Kelebihan dari jenis kain ini adalah harganya yang relatif murah dibanding dengan katun combed.

TC / Teteron Cotton

Bahan kaos berikutnya adalah TC atau singkatan dari Teteron Cotton. Umumnya berupa kaos polos, dengan kandungan bahan teteron sekitar 65%, dan bahan katun sekitar 35%. Walaupun bahan yang satu ini tidak murni 100 dari bahan katun, namun kualitasnya terbilang cukup baik untuk sebuah bahan kaos.

Dari segi bahan terasa lembut ketika digunakan, namun kekurangannya tidak mudah menyerap keringat. Dibanding bahan lainya. Bahan yang satu ini terbilang lebih murah. Ini adalah salah satu bahan yang sering digunakan untuk sablon kaos manual, digital atau juga DTG.

Viscose

Kaos Viscose sendiri adalah bahan kaos dengan menggunakan serat sintesa celulosa organic atau buatan manusia. Dimana bahan tersebut digunakan untuk bahan kain. Dari segi tekstur, mirip dengan tekstur kapas. Biasanya bahan tersebut sengaja digunakan untuk menambah kenyamanan ada serat sintetis, sekaligus untuk menambah tingkat kecerahan warna.

Yang menarik adalah bahan ini mempunyai tingkat kelembaban yang baik, warnanya cemerlang, lebih cerah dan juga terasa lebih lembut. Bahan Viscose ini, jarang tersedia di pasaran, selain itu harganya juga cukup mahal.

Polyester

Berikutnya ada Polyester, bahan yang satu ini terbuat dari bahan serat sintetis, yang kali ini terbuat dari bahan ester. Bahan ester sendiri adalah bahan dari hasil olahan minyak bumi, dan terbuat dari bahan yang mirip dengan serat fiber poly.

Jenis kain yang satu ini biasanya lebih tipis, teksturnya kasar, dan kurang mampu menyerap keringat. Ini yang kerap membuat penggunanya merasa kegerahan, ketika menggunakan bahan kaos tersebut.

Hyget 

Hyget adalah jenis bahan lainnya yang sering digunakan sebagai kaos. Yang menarik, adalah bahan tersebut terbuat dari serat plastik yang cukup tipis. Ini juga yang membuat bahan tersebut dibandrol dengan harga murah.

Umumnya bahan yangs atu ini digunakan, untuk memproduksi bahan kaos dengan jumlah masal, dengan dana yang terbatas. Biasanya bahan yang satu ini digunakan sebagai kaos untuk keperluan partai.

Sebenarnya masih ada beberapa jenis bahan lan yang digunakan, seperti bahan baby terry, katun bambu dan yang lainya. Namun bahan kaos yang paling banyak digunakan adalah bahan yang disebutkan di atas.

Leave a Reply

Open chat
Ada yang bisa saya bantu?
Powered by